Senin, 03 Oktober 2011

KSI part 3 & 4

KSI Part 3


Strategi IT
- Banyak pemikiran kedepan saja tetapi sekarang sudah menjadi utama.
- IT sudah mencapai bisnis.
 
Strategi IS adalah pokoknya dia yang bisa memperoleh informasi. Organisasi yang bisa dikembangkan IS adalah mengurangi yang jelek-jelek,kompetitif.

Ada kompetitive strategis dan competitive forces.
Untuk perusahaan mendirikan bisnis harus dengan melihat pesaingnya.Mungkin ada pendatang baru yang ikut bersaing.
 
GIS itu grafika informasi sistem.
 
Inovasi strategi
Produk dan desainya apa sudah ada ditempat lain.
 
Contoh contohnya Lower Cost
- Menggunakan IT untuk bisnis proses.
- Menurunkan biaya custamer.
- Membangun IT untuk fokus ke produknya.
 
Strategi lain
- Kita mengumpulkan custamer sebanyak-banyaknya jangan sampai yang sudah diambil kita diambil orang lain.Mau gak mau kita harus mau berhubungan dengan custamer melalui internet.
- Mencegah pesaing-pesaing baru supaya gak mesaingi kita.
 
Kita menggunakan IT dalam produk kita. Meningkatkan peningkatan investasi di IT.Contohnya kita harus menang di IT. Khususnya perusahaan besar harus menggunakan IT di setiap lininya.
 
Bisnis Proses Re engineering
 
Memikirkan ulang bisnis proses re engineering.
Semua proses yang dilakukan untuk melakukan kegiatan=bisnis proses.
ERP itu enterprise resources planning / sistem perencanaan sumber daya perusahaan adalah aplikasi perangkat lunak komputer yang terintegrasi dan menyeluruh.
 
Agility itu lincah.
Agility : kemampuan perusahaan untuk berubah dengan cepat / kemajuannya. Perusahaan bisa dikatakan cepat berubah jika mempunyai produk yang banyak dan tahan lama.

Ada 4 strategi
- Harus menyediakan produk.
- Bekerja sama dengan client dan compotitor.
- Mengatur untuk perubahan yang tidak di duga / tiba-tiba.
- Kemampuan dari masing-masing orang yang mungkin terkena imbas.

Biasanya di perusahaan ini orangnya tidak banyak, karena orang itu bisa mengerjakan semuanya.Jadi kalau temanya tidak masuk orang tersebut bingung. Dia secara konsisten memunculkan bisnis yang baru. Menyebarkan dalam perusahaan. Membangun ilmu-ilmu yang baru untuk membangun pelayanannya.

KSI Part 4

Komponen teknologi informasi :
- Hardware
   Hardware adalah peralatan fisik atau periferal.
- Software
  Software bisa juga disebut program yaitu sekumpulan intruksi untuk menjalankan aktivitas. Merupakan   jembatan antara hardware dengan brainware(pengguna).
- Brainware
   Otak yang menjalankan software, secara khususnya otak itu adalah pengguna yaitu manusia.

Macam-macam hardware :
- Input Device
   Input device adalah perangkat yang bersifat memasukan kedalam komputer.
- Output device
   Output device adalah perangkat yang bersifat mengeluarkan hasil dari komputer atau elektronik laennya.
- System Unit
   System unit adalah kumpulan dari komponen hardware yang bisa bekerja untuk melakukan sifat input maupun output.
- Storage
   Storage adalah tempat penyimpanan data-data.
- Communication Device
   Communication device adalah perangkat penghubung terhadap jaringan.

Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi
Menurut Fungsi:
- Embedded IT System
Melekat pada produk.
- Dedicated IT System
Dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus.
- General Purpose IT System
Digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum.

Menurut Ukuran:
- Mikrokontroler (Embedded Computer)
- Mikrokomputer (PC,Laptop,notebook,palmtop,PDA)
- Workstation (RS/6000 44P model 270 (IBM))
- Minicomputer /Midrange (IBM AS 400)
- Mainframe (IBM s/390 Parallel Enterprice Server)
- Supercomputer (IBM ASCI White)

Komponen dan klasifikasi

Penjelasan :
Software Sistem (System Software):
Software sistem adalah digunakan untuk mengelola dan mendukung operasi dari sistem komputer dan sistem informasi yang didukung oleh sistem komputer tersebut, seperti CPU, hubungan komunikasi antara software aplikasi dan hardware komputer, serta peralatan lainnya. Termasuk program penerjemah dan program utility.

Software Aplikasi (Application Software)
Software aplikasi digunakan untuk mendukung suatu tugas aplikasi tertentu/spesifik.

Pengembangan perangkat lunak :
System Development Life Cycle
- Proses formal dilakukan tahap demi tahap secara berurtan
- Spesifikasi dan persetujuan dalam bentuk tertulis
- Peran pemakai terbatas

Prototyping
- Kebutuhan ditentukan secara dinamis melalui percobaan
- Proses cepat, tidak formal, dan berulang
- Pemakai secara terus-menerus berinteraksi dengan prototipe

Package software
- Perangkat lunak komersial mengurangi kebutuhan internal untuk mengembangkan program

End user development
- Sistem dibuat oleh pengguna akhir dengan menggunakan perangkat lunak generasi keempat
- Cepat dan tidak formal
- Peran spesialis sistem informasi sangat sedikit

Outsourcing
- Sistem dibuat dan seringkali dioperasikan oleh pihak luar

Kriteria Pemilihan Perangkat Lunak :
1. kompatibilitas hardware
- mikrokomputer
- memori 

- disk
- printer
peripheral
lainnya
2. kompatibilitas software
- Pengoperasiannya sesuai dengan lingkungan

- Software lain yang diperlukan
3. kualitas perangkat lunak
- Kemampuan
- Stabilitas, kebenaran, patuh terhadap standar
- Kemudahan untuk semua pengguna
- Adaptasi (misalnya, instalasi, modus layar, tingkat, default, output)
- Penggunaan tombol, mouse, dan menu
- Bantuan online
4.Pelatihan dan dokumentasi
- Dokumentasi
- Cara penggunaan

- Pelatihan
5.Hubungan Vendor
- Pengisian
- Proteksi dari pengcopyan
- Garansi
- Pemeliharaan
- Baru rilis
- Bantuan dengan masalah
6.Other
- Ulasan
- Referensi
- Berbagi di pasaran



Software yang paling di cari sekarang :
- Easy-to-use software: fasilitas bantuan (on-line) help, komunikatif, automatic guidance & error detection (intelligence software)
- Multiplatform software: dapat digunakan pada berbagai lingkungan hardware dan sistem operasi

- Dukungan mulimedia: menyediakan fasilitas untuk mengakses dan menampilkan data pada berebagai media baik teks, citra, suara, video.
- Integrasi yang mudah dengan software aplikasi lain
- Mendukung aplikasi multiguna

- Mendukung untuk multiuser dan networking
- Mengakomodir pemilihan berbagai preferensi user: tampilan, format, style
- Icon-based & graphical menu/ interface



Setiap software harus memiliki :
Functional

- Sekumpulan atribut yang menunjukkan fungsi-fungsi software yang tersedia
Reability
- Sekumpulan atribut yang menunjukkan kemampuan software untuk menjaga tingkat kinerja yang ditetapkan pada kurun waktu tertentu
Usability
- Sekumpulan atribut yang menunjukkan usaha-usaha yang dibutuhkan untuk memakai atau menilai software sesuai yang ditetapkan atau sesuai pamakai
Efficiency
- Sekumpulan atribut yang menunjukkan hubungan antara tingkat kinerja software dengan sumberdaya yang digunakan
Portability
- Sekumpulan atribut yang menunjukkan kemampuan software untuk dialihkan dari satu lingkungan
Maintainability
- Sekumpulan atribut yang menunjukkan usaha-usaha untuk melakukan modifikasi tertentu

1 komentar:

  1. sepertinya ada yang salah itu..GIS itu bukan grafika inform. sys. tapi Geographic information system (http://en.wikipedia.org/wiki/Geographic_information_system)
    tolong dipelajari lagi dan cari sumber lain untuk mendukungnya.

    BalasHapus